'Tidak ada cerita politik yang diizinkan': Penyiar Hong Kong diam tentang topik sensitif | Hongkong

NSecara lisan pada saat ini tahun Hongkong Media secara aktif bersiap untuk meliput peringatan hari Jumat pembantaian Lapangan Tiananmen, yang biasanya sebelum pembatasan Covid diberlakukan, termasuk berjaga besar-besaran di Victoria Park. Acara ini ilegal di Tiongkok tetapi diadakan dengan bangga Hongkong selama beberapa dekade.

Tapi wartawan di lembaga penyiaran publik RTHK yang disegani mengatakan tahun ini mereka telah diminta untuk mundur.

“Kami telah diberitahu bahwa tidak ada cerita politik yang diperbolehkan,” kata Emily*, seorang karyawan di RTHK yang, bersama dengan orang lain yang diwawancarai untuk artikel ini, meminta anonimitas untuk berbicara secara bebas. “Kami pikir itu agak lucu karena itu bukan cerita politik sekarang?”

Setelah protes massal pro-demokrasi pada tahun 2019, tindakan keras pemerintah Hong Kong terhadap perbedaan pendapat selama dua tahun terakhir telah menargetkan kebebasan pers. Memiliki peringkat ke-18 dalam Indeks Kebebasan Pers Dunia, Hong Kong kini menempati peringkat ke-80.

RTHK menanggung bebannya, dan banyak orang di industri ini takut mereka yang berkuasa bermaksud mengubahnya menjadi departemen periklanan. Chris Young, presiden Asosiasi Jurnalis Hong Kong, mengatakan pemerintah dan bekas kubu pro-kemapanan telah kehabisan kesabaran dengan kebebasan editorial di RTHK.

“Mereka tidak bisa lagi mentolerir departemen pemerintah yang memberikan liputan kritis dan terkadang memalukan dalam konten editorialnya,” kata Young, menambahkan bahwa pemerintah ingin “memperbaiki” penyiar.

Emily mengatakan nasibnya adalah peringatan bagi seluruh industri. “Jika RTHK menjadi propaganda, itu juga berarti kematian media Hong Kong.”

Tidak ada ruang untuk jurnalisme yang tepat

Didirikan pada tahun 1928, RTHK adalah penyiar publik pemenang penghargaan. Namun dalam beberapa bulan terakhir, telah dituduh bias, independensi yang berlebihan, dan berpihak pada pengunjuk rasa pro-demokrasi daripada menegakkan komitmen piagam untuk mempromosikan “satu negara, dua sistem.”

RTHK telah dikritik secara terbuka oleh para pejabat dan telah diserang di media pemerintah China. Itu adalah para jurnalis tergantungdan doxed dan gangguan Mengundurkan diri karena diinterogasi. Seorang produser telah dituntut karena melakukan penelitian pers, dan aturan baru yang diumumkan minggu lalu akan mewajibkan semua non-PNS, termasuk pegawai RTHK, untuk berjanji setia kepada pemerintah.

Setelah tinjauan kritis pemerintah yang menemukan RTHK memiliki kekurangan dalam manajemen editorial dan akuntabilitas pada bulan Februari, direktur saat itu, Leung Ka Wing, pergi sebelum kontraknya berakhir, tanpa terima kasih. Setidaknya lima karyawan senior lainnya juga telah mengundurkan diri. Leung digantikan oleh mantan Wakil Menteri Dalam Negeri Patrick Lee, seorang birokrat karir tanpa pengalaman dalam jurnalisme, siapa yang memberi tahu anggota parlemen? Dia bermaksud untuk bekerja sama dengan penyiar, dengan rencana program yang mempromosikan kebijakan pemerintah, dan kerja sama media di daratan.

Salah satu tindakan pertama Lee adalah membuat cek dan persetujuan untuk semua penawaran cerita, termasuk orang yang diwawancarai, yang menurut Emily berarti menolak meliput Tiananmen.

Ann*, karyawan RTHK lainnya, mengatakan bahwa sistem tersebut “mengganggu” tim redaksi. “Kami tidak tahu apa yang harus dilakukan atau cerita apa yang akan disiarkan… tidak ada tempat untuk jurnalisme yang layak.”

Mengikuti panduan komisi, RTHK telah mengurangi atau membatalkan setidaknya 10 program – termasuk segmen yang telah ditayangkan tentang peringatan Tiananmen minggu lalu – dan menghapus seluruh arsip online.

Jam tayang gratis kini sedang diisi oleh CEO Hong Kong, Carrie Lam, di acara harian Itu berkata Mendiskusikan reformasi sistem pemilu oleh pemerintah.

“Piagam tersebut menyatakan bahwa RTHK independen secara editorial. Tidak disebutkan bahwa unit produksi program individu independen secara editorial,” kata Lee kepada Legco pada bulan Maret.

Perubahan, yang digambarkan Emily sebagai “gempa bumi”, tampaknya berpusat di divisi urusan publik RTHK, rumah bagi program “pemberontakan” yang lebih historis, seperti acara satir kaleng Headliner, dan program urusan terkini Hong Kong Connection.

Dalam sebuah pernyataan, manajemen RTHK mengatakan tiga episode Hong Kong Connection, Hong Kong Stories dan LegCo Review “tidak memihak, tidak memihak dan akurat”, dibatalkan karena berlangsung sebelum sistem penyaringan diberlakukan, dan “tidak dapat diperbaiki. sebelum produksi.”

Hong Kong Connection memenangkan beberapa penghargaan tahun ini, termasuk untuk episode investigasi keterlibatan polisi dalam serangan kereta bawah tanah Yuen Long yang terkenal.

Pagi hari setelah memenangkan penghargaan, produser Bao Chui dihukum dan didenda Untuk mengakses database yang tersedia untuk umum sebagai bagian dari pekerjaan investigasinya untuk episode tersebut.

Reporter Radio dan Televisi Hong Kong (RTHK) Bao Choi tiba di Pengadilan Kowloon Barat pada bulan April. Foto: Jerome Favre/EPA

Asumsi yang berlaku adalah bahwa Apple Daily, surat kabar pro-demokrasi populer yang dimiliki oleh raja media yang dipenjara dan kritikus pemerintah Jimmy Lai, berada di urutan berikutnya. Pemimpin redaksi Apple Daily Ryan Low mengatakan kepada AFP baru-baru ini bahwa dia menghadapi “krisis terbesar sejak saya mengambil pekerjaan itu lebih dari tiga tahun lalu.”

Selain penuntutan Lai, pembekuan aset dan penggerebekan ruang redaksi, komisaris polisi Hong Kong menuduh Apple’s Daily menciptakan kebencian dan memecah belah masyarakat, sementara media pro-Beijing menyerukan penutupannya.

Andy*, seorang karyawan Apple Daily mengatakan: “Ada … desas-desus bahwa kami mungkin tutup sebelum Juli, beberapa mengatakan mungkin sebelum pemilihan pada bulan September atau akhir tahun. Kami benar-benar tidak tahu harus percaya apa.”

Baru saja Dia menulis kepada stafnya dari penjara, menuntut agar mereka tetap kuat tetapi juga memperhatikan – jurnalisme sekarang menjadi pekerjaan yang jauh lebih berbahaya.

“Ini pasti mempengaruhi moral di sini,” kata Andy. “Banyak dari kita tidak memiliki hubungan pribadi dengan Tuan Lai, tetapi kita semua tahu dia adalah ikon Apple Daily.”

Pemberitahuan “Koreksi”

Kekuasaan pemerintah atas media meningkat, dengan undang-undang keamanan nasional yang diberlakukan tahun lalu, dan undang-undang yang diajukan secara samar-samar terhadap “berita palsu”, yang menurut para kritikus akan memungkinkan pemerintah dan polisi untuk mendefinisikannya.

“Saya pikir kita berada di tahap pertama dari langkah mereka ke apa yang disebut koreksi lanskap media,” katanya. “Carrie Lam juga berjanji untuk memperbaiki sistem media – dan itu berarti ada hal lain, seperti regulasi media.”

Lam dan pemerintahnya menyatakan bahwa mereka menghormati kebebasan pers dan bahwa pers Hong Kong tidak akan menjadi sasaran jika mereka tidak melanggar hukum, tetapi kurangnya kejahatan yang didefinisikan dengan jelas dalam Undang-Undang Keamanan Nasional, dan penggerebekan polisi di Apple Daily dan Stand News telah menciptakan efek dingin yang terdokumentasi dengan baik.

“Beijing dan pemerintah Hong Kong memegang semua kartu,” kata Andy dari Apple Daily. Mereka memiliki sarana hukum dan sumber daya keuangan untuk mengendalikan kancah media.

“Mereka yang bisa mengendalikan mereka, dan mereka yang tidak bisa mengendalikan mereka menggunakan kekerasan atau membuat mereka takut.”

Menanggapi pertanyaan, RTHK membantah bahwa ada larangan peliputan ulang tahun Tiananmen, dan mengatakan tidak ada niat untuk membuat penyiar melakukan pekerjaan yang sama dengan Kantor Penerangan Negara, dan bahwa semua keputusan redaksi ada di tangan direktur penyiaran, Li.

Menurut piagam tersebut, RTHK independen secara editorial dan kebal terhadap pengaruh komersial, politik, dan/atau lainnya. Seorang juru bicara produsen mengatakan bahwa prinsip panduan produsen menyatakan bahwa “tidak ada independensi editorial tanpa tanggung jawab, dan kebebasan tanpa batasan”.

Seorang juru bicara pemerintah tidak menanggapi pertanyaan tentang bagaimana mendefinisikan “berita palsu,” sebaliknya mengatakan bahwa tindakan apa pun yang diambil untuk menegakkan hukum didasarkan pada bukti dan sesuai dengan hukum, dan tidak ada hubungannya dengan posisi politik seseorang, latar belakang atau profesi.

“Mengusulkan bahwa orang atau badan dari sektor atau profesi tertentu dapat berada di atas hukum akan bertentangan dengan aturan hukum.”

Untuk Emily RTHK, matanya menjadi trending minggu ini. Pada hari Kamis pekan lalu, pemerintah melarang berjaga untuk tahun kedua – seolah-olah karena pandemi, tetapi orang mungkin akan merayakannya, dan media akan mencoba menutupinya, karena itu tugas mereka.

“Saya pikir 4 Juni adalah titik di mana kita akan menyaksikan kematian media: jika tidak ada yang bisa pergi ke memorial atau jika orang yang melaporkan berita ditangkap atau dihukum, kita akan mengerti bahwa kebebasan telah hilang.”

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Deteksimalut